Kamis, 30 Agustus 2012

Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir


Kelahiran anak pertama selalu dinantikan oleh setiap ibu. Pengetahuan memandikan bayi yang baru lahir bisa Anda gali lebih dalam sehingga kelak menjadi terbiasa.

Persiapan khusus menyambut buah hati memang perlu dilakukan para ibu. Bukan hanya persiapan mental, tetapi juga ilmu untuk merawat si kecil.

Memandikan bayi yang baru lahir sering dianggap hal yang menakutkan bagi para ibu. Pasalnya, bayi yang berukuran mungil menjadi licin dan susah saat dimandikan.

Berikut ini langkah-langkah terbaik memandikan bayi yang baru lahir, sebagaimana dilansir Boldsky.


  • Gunakan kain lembut

Pekan pertama atau kedua, Anda dapat memilih membersihkan bayi dengan sepotong kain lembut teredam dalam air hangat. Setelah terbiasa, Anda bisa memandikan bayi lebih mudah dengan air hangat.


  • Gunakan air hangat

Anda sebaiknya selalu menggunakan air hangat saat memandikan bayi. Selain membunuh kuman, air hangat memberikan kenyamanan buat si kecil.


  • Gunakan sabun khusus bayi

Gunakan sabun bayi yang lembut. Pasalnya, bayi yang baru lahir mempunyai kulit yang sangat sensitif. Selain itu, Anda bisa melarutkan antiseptik pada air hangat yang dipakai untuk memandikan bayi.


  • Jangan memandikan bayi setiap hari

Bayi Anda tidak perlu mandi setiap hari. Selama musim panas, bayi Anda bisa dimandikan empat hingga lima kali sepekan.


  • Bersihkan tali pusat

Jangan percaya mitos yang mengatakan bahwa membersihkan tali pusat bayi akan menyebabkan infeksi. Anda sebaiknya tetap membersihkan tali pusat senantiasa bersih.


  • Pegang selalu kepala dan leher bayi saat mandi

Ketika memandikan bayi, pastikan Anda selalu menahan bagian leher belakang dan punggungnya.
Pasalnya, semua bayi baru lahir memiliki kepala yang masih mudah goyah.


  • Ajarkan bayi perlahan-lahan nikmati air dalam bak

Turunkan bayi ke dalam bak mandi (bath tub bayi kecil bukan yang Anda gunakan), pertama-tama bagian kaki. Biarkan bayi Anda merasa nyaman di dalam air. Rendam bayi sampai leher dan bersihkan dengan satu tangan ketika tangan Anda yang lain menopang bagian belakangnya.


  • Siapkan handuk bersih dan hangat

Siapkan handuk bersih untuk membungkus tubuh bayi. Selain itu, pastikan juga tempat Anda memandikan bayi juga tertutup, bersih, dan hangat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar