Kamis, 22 Mei 2014

Tata Cara Melakukan Shlat Dhuha

Tata Cara Melakukan Shlat Dhuha

Sahalat dhuha merupakan salah sunat yang disunahkan oleh Rosululloh SAW dan sering dikerjakan oleh para sahabat terdahulu. Menurut beberapa sumber dikatakan, shalat dhuha juga sering disebut shalat rejeki. Bagaimana dengan melakukan shalat duha ini maka kebutuhan kita akan tercukupi selama seharian.

Shalat Dhuha dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat secara pribadi tidak berjamaah atau munfarid. Seperti apakah tata cara menjalankan shalat Dhuha beserta do'a setelahnnya, simak tata caranya dibawah ini:

  1. Niat didalam hati bersamaan Takbiratul Ihram. “Usholli sunnatadhuha rak ‘ataini mustaqbilal qiblati ada al lillaahi ta’aala”  “Aku niat shalat sunah Dhuha karena Allah”
  2. Membaca doa Iftitah.
  3. Membaca surat al Fatihah.
  4. Membaca surat pendek, lebih afdhol dengan membaca surat Asysyams pada rakaat pertama dan surah Allail pada rakaat kedua. Namun bagi yang belum hafal, boleh membaca surat atau ayat Al-Qur'an lainya.
  5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali.
  6. I’tidal dan membaca bacaanya.
  7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.
  8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya.
  9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.
  10. Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti langkah-langkah diatas.


Manfaat Melakukan Shalat Dhuha Secara Medis/Ilmu Kesehatan:

Menurut Dr. Ebrahim Kazim yang merupakan salah satu dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy mengungkapkan "Gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi, serta berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular.

Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorphin. Zat ini sejenis morfin,termasuk opiate. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.

Semoga yang baca ini bisa mengamalkan shalat dhuha setiap hari dan menjadi salah satu umat yang mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW yang akan dipersatukan pada satu golongan Rosululloh SAW di Akhirat nanti. Aaamiin.

Insya Alloh bermanfaat.

Dikutip dari : http://thekaltara.blogspot.com/2013/07/manfaat-shalat-dhuha.html

Tata Cara Melakukan Shlat Dhuha


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar